Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu berbagai Type dan Ukuran

DESAIN INTERIOR RUANG TAMU – Ruang tamu merupakan lokasi yang paling multi fungsi di rumah. Pada dasarnya, ruang tamu difungsikan untuk menyambut tamu di dalam rumah. Akan tetapi, ruang tamu juga lebih sering digunakan anggota keluarga untuk berkumpul diwaktu senggang. Alasan inilah yang membuat pemilik rumah berusaha untuk mendesain ruang tamunya sebaik mungkin agar keluarga maupun tamu yang datang betah untuk duduk berlama-lama. Ketika memilih desain interior ruang tamu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, desain harus menunjang ukuran ruangan. Untuk ruangan dengan ukuran yang luas mungkin tidak akan bermasalah memilih desain interior, namun untuk ruangan ukuran 3×3 atau 3×4 yang kecil memilih desain yang minimalis, termasuk perabotannya, lebih disarankan agar ruangan terlihat lebih luas.

Selanjutnya, ketika memilih desain interior ruang tamu dan cara menata ruang tamu, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan warna. Paduan warna harus seimbang dengan mood yang ingin dihadirkan dan interior ruangan secara keseluruhan. Sebagai contoh, jika Anda ingin menampilkan ruangan yang cerah dan lebih berwarna, maka penggunaan warna netral seperti putih dipadukan dengan warna pastel seperti pink muda atau hijau muda akan terlihat sangat cocok. Selain itu, pertimbangkan juga penerangan di dalam ruang tamu. Lihat letak dan ukuran jendela. Apakah ruang tamu Anda mendapatkan cukup cahaya? Jika jendela ruang tamu kecil, maka Anda bisa menambahkan penerangan dengan lampu LED yang lebih terang serta ditambah lampu meja.

Nah, berikut ini terdapat 10 inspirasi desain ruang tamu yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

Desain Interior Ruang Tamu Gaya Bohemian

Desain Interior Ruang Tamu Gaya Bohemian

Gaya Bohemian terkenal dengan gaya yang menampilkan individualitas dan kebebasan berekspresi. Konsep interior Bohemian akan memadukan tema vintage dan shabby chic. Biasanya, desain interior ruang tamu dengan gaya Bohemian akan terlihat pada pemilihan warna yang kontras dan motif berwarna-warni. Warna dan motif ini sering ditampilkan di ruang tamu melalui karpet motif dan bantal sofa yang warnanya berbeda satu sama lain, namun menghasilkan paduan yang tetap apik. Ruang tamu dengan dekorasi Bohemian lebih sering menggunakan sofa atau tanpa sofa, dan tambahan kursi rendah untuk menampilkan ruangan yang nyaman dan akrab.

Desain Ruang Tamu Kontemporer

Desain Ruang Tamu Kontemporer

Desain interior kontemporer menekankan pada penggunaan material yang alami seperti kayu dan batu alam untuk menampilkan kesan alami dan cocok untuk ruang tamu minimalis type 36. Biasanya, elemen ini digunakan pada lantai dan perabotan. Paduan warna yang digunakan pada umumnya netral seperti putih, hitam, coklat, dan abu-abu. Tetapi, Anda juga bisa menambahkan warna yang lebih cerah seperti hijau lewat tanaman atau bunga yang ditata rapi di rak untuk menambah kesan natural.

Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis

Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis

Gaya minimalis cocok untuk ruang tamu dengan ukuran terbatas. Contohnya, desain ruang tamu minimalis ukuran 2×3 ini yang didesain dengan perabot dan elemen yang minimalis agar ruangan terlihat lebih luas. Model sofa dengan kaki serta meja dan kursi tambahan dengan kaki tipis sehingga membuat ruang bawah terlihat lebih lapang. Selain itu, paduan warna cerah yang dihadirkan lewat dinding putih, lantai krem, dan sofa abu-abu membuat ruangan menjadi lebih terang.

Desain Ruang Tamu Kayu

Desain Ruang Tamu Kayu

Desain interior ruang tamu rustik berusaha menekankan unsur alami ke dalam ruangan melalui elemen alam seperti pada paduan antara dinding batu dan dinding kayu. Selain itu, pemilihan furnitur seperti rak, kursi, dan meja kayu menunjang unsur natural ke dalam ruangan. Walaupun warna dominan lebih pada coklat,tetapi Anda bisa menambahkan warna lain untuk meningkatkan mood ruangan seperti putih, hitam, dan abu-abu. Lantai motif juga menambah kesan ceria ke dalam ruangan.

Desain Ruang Tamu Gaya Skandinavian

Desain Ruang Tamu Gaya Skandinavian

Secara keseluruhan, ruangan menekankan pada unsur modern dan desain yang sederhana. Desain interior ruang tamu dengan gaya Skandinavian biasanya didominasi dengan warna latar putih sehingga ruangan menjadi lebih luas. Ditambah lagi dengan penerangan dari jendela atap yang besar akan membuat ruangan menjadi lebih cerah. Desain ruang tamu ini cocok apabila Anda ingin ruang tamu yang sekaligus berfungsi sebagai perpustakaan. Buku-buku di rak membuat paduan warna di ruangan menjadi lebih hidup.

Desain Ruang Tamu Gaya Maroko

Desain Ruang Tamu Gaya Maroko

Menghadirkan elemen dengan warna-warna yang cerah dan kaya akan motif merupakan ciri utama dari desain interior bergaya Maroko. Dengan latar dominan putih, warna-warna cerah dari sofa, bantal sofa, dan karpet motif tampak sangat kontras dan terlihat cantik. Lampu gantung ukir dan lukisan geometris menambah kesan unik di dalam ruangan. Selain itu, lampu meja warna pink gelap di samping sofa semakin menambah warna cerah di dalam ruang tamu.

Desain Ruang Tamu Eklektik

Desain Ruang Tamu Eklektik

Gaya eklektik memadukan berbagai gaya ke dalam satu desain interior untuk mengungkapkan kebebasan berekspresi dengan banyak permainan mix and match dan menekankan ekspresi seni ke dalam ruangan. Contohnya pada desain interior ruang tamu ini, pemilihan karpet yang menggunakan 3 jenis karpet dengan motif yang berbeda seakan membagi ruangan menjadi 3 dimensi. Pemilihan warna sofa dan bantalnya pun berwarna-warni sehingga ruangan tampak menjadi hidup. Tak lupa, tembok bata di satu sisi ruangan juga menambah unsur klasik.

Desain Ruang Tamu Gaya Coastal

Desain Ruang Tamu Gaya Coastal

Bagi Anda yang selalu rindu suasana pantai, desain interior ruang tamu dengan coastal style atau berunsur pantai bisa jadi pilihan yang cocok. Oleh karena itu, warna biru menjadi warna utama yang dihadirkan ke dalam desain interior yang biasanya dipadukan dengan dominasi warna putih. Karpet serat berwarna coklat muda tampak seperti warna pasir pantai. Tembok dan langit-langit kayu menghadirkan kesan natural ke dalam ruangan. Ditambah lagi, memajang lukisan hewan laut seperti ikan, bintang laut, dan gurita akan menambah suasana bawah laut.

Desain Ruang Tamu Gaya Modern Rococo

Desain Ruang Tamu Gaya Modern Rococo

Gaya rococo kental dengan gaya Eropa abad ke-18 biasanya dicirikan dengan ornamen dan perabotan elegan berukir. Pada ruang tamu, pemilihan sofa dan kursi biasanya dihiasi dengan kayu berukir dan kain bermotif. Lampu gantung dan tempat lilin gantung yang terbuat dari metal menambah kesan klasik elegan. Begitu pula dengan meja, dipilih model dengan kaki lengkung. Namun, warna gorden yang merah muda membuat desain ruang keluarga terlihat lebih cerah.

Desain Ruang Tamu Vintage

Desain Interior Ruang Tamu

Gaya vintage atau retro pada desain interior ruang tamu biasanya dipadukan dengan penggunaan ornamen kuno di dalam ruangan. Untuk menghadirkan kesan retro, maka biasanya dihadirkan lewat penggunaan bahan-bahan kain dengan motif floral dan furnitur bergaya klasik, contohnya meja dengan kaki lengkung. Sedangkan, paduan warna dominan lebih sering dihadirkan dengan warna lembut seperti pastel dan krem. Tetapi, tambahan warna kuat seperti biru tua juga bisa menambah kesan klasik.

Jadi, desain interior manakah yang paling cocok untuk ruang tamu Anda?

Jasa Desain Interior

Leave a Reply