10+ Inspirasi Kolam Ikan Minimalis untuk Lahan Terbatas

KOLAM IKAN MINIMALIS – Memelihara ikan hias bagi sebagian orang sudah menjadi hobi, karena sama seperti hobi memelihara hewan lainnya, hobi memelihara ikan ini juga memberikan kesenangan dan kepuasaan batin tersendiri bagi para penikmatnya. Maka tak heran jika para pecinta ikan hias rela merogoh kocek tak sedikit hanya demi membeli seekor ikan hias yang dinilai cantik dan langka.

Simak inspirasi di bawah ini jika Anda salah satu orang yang hobi memelihara ikan hias dan ingin membuat sebuah kolam ikan, namun hanya memiliki lahan terbatas.

Tips membuat kolam hias minimalis

Tips membuat kolam hias minimalis

Sumber: trendir.com

Ikan hias tak hanya dapat dinikmati di dalam akuarium saja, karena jika Anda ingin membuat sebuah taman di rumah, kolam ikan hias menjadi salah satu elemen yang dapat mempercantik tampilan taman di rumah Anda. Namun bukan berarti kolam ikan dibuat dengan pertimbangan lahan yang luas, karena nyatanya dengan lahan terbatas pun Anda tetap bisa membuat sebuah kolam ikan hias. Buatlah kolam ikan hias minimalis dengan berbagai referensi yang dapat Anda peroleh disini.

Membuat kolam ikan di depan teras rumah

Membuat kolam ikan di depan teras rumah

Sumber: rumahminimalismedia.com

Sebelum memutuskan untuk membuat kolam ikan, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu membuat rancangan tentang lokasi yang tepat untuk membangun kolam ikan tersebut. Kebanyakan orang memilih dua lokasi, yaitu di depan dan di belakang rumah sebagai tempat untuk meletakkan kolam ikan hias tersebut.

Anda harus mempertimbangkan semuanya dengan tepat, memilih manakah yang paling baik antara depan dan belakang rumah sebagai tempat membuat kolam ikan. Jika Anda ingin kolam ikan dan koleksi ikan-ikan hias dilihat banyak orang yang kebetulan sedang bertamu ke rumah, Anda dapat membuatnya di depan rumah. Namun jika Anda tidak memiliki sisa lahan di depan rumah, Anda dapat mempertimbangkan lokasi kolam ikan di belakang rumah.

Desain kolam ikan minimalis

Desain kolam ikan minimalis

Sumber: kontraktorproperty.com

Membuat kolam ikan hias minimalis memerlukan kreatifitas dari Anda, agar kolam ikan dengan lahan terbatas tersebut tetap tampil menawan menghias halaman rumah Anda.

Ada banyak sekali bentuk dari desain kolam ikan hias, mulai dari kolam ikan yang berbentuk persegi panjang, bentuk bulat serta bentuk lebih natural dengan susunan bebatuan yang seakan ditumpuk membentuk sebuah cekungan. Anda dapat memilih desain bentuk kolam ikan favorit, yang tentunya disesuaikan dengan pertimbangan material dan luas lahan.

Kolam hias untuk ikan koi

Kolam hias untuk ikan koi

Sumber: Pinterest

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dipelihara sebagai penghias kolam ikan di rumah. Ikan ini memiliki karakteristik warna tubuh oranye menyala dengan bintik putih, dan rata-rata memiliki ukuran tubuh yang besar.

Jika Anda memilih ikan koi sebagai ikan hias di dalam kolam, Anda perlu memilih desain warna kolam yang dapat menonjolkan keunikan dari warna tubuh ikan koi tersebut. Pilihlah warna-warna netral seperti warna hitam, abu-abu atau coklat tua sebagai warna material pembangun kolam ikan hias Anda. Warna-warna ini cenderung lembut, menonjolkan warna unik dari ikan koi yang Anda pelihara.

Kolam hias untuk ikan nila

Kolam hias untuk ikan nila

Sumber: gambarrumahidaman.info

Berbeda dengan ikan koi, ikan nila ini cenderung dijadikan sebagai ikan budidaya yang banyak dikembang biakkan dengan wadah berupa kolam ikan besar dengan alas terpal. Namun bukan berarti Anda tidak dapat menjadikan ikan nila sebagai ikan hias di dalam kolam ikan milik Anda.

Tak seperti ikan koi yang memiliki warna tubuh mencolok, ikan nila cenderung lebih teduh dengan varian warna abu-abu gelap dan kemerahan. Anda dapat memilih warna material pembangun kolam ikan dengan warna apapun yang paling Anda sukai, karena ikan nila memiliki warna yang netral yang akan cocok dengan kolam ikan warna apapun.

Jenis ikan terbaik untuk kolam ikan

Jenis ikan terbaik untuk kolam ikan

Sumber: solusikolam.com

Tak hanya ikan koi dan ikan nila yang dapat Anda pelihara di dalam kolam, karena jenis ikan lain seperti ikan kumpai, ikan wakin, ikan koki dan lainnya. Pilihlah jenis ikan terbaik dengan perawatan simpel dan memudahkan Anda dalam memeliharanya.

Selain itu, jangan gabungkan dua ikan petarung ke dalam satu kolam, agar tak ada ikan yang mati dikemudian hari. Memilih jenis makanan juga selain berpengaruh terhadap kualitas hidup ikan, juga berpengaruh terhadap kebersihan dari kolam ikan itu sendiri.

Kolam ikan dengan hiasan batu alam

Kolam ikan dengan hiasan batu alam

Sumber: rumahminimalismedia.com

Tujuan kolam ikan yang dihias dengan batu alam tak lain karena ingin memberikan kesan natural pada kolam ikan itu sendiri. Anda dapat menyusun batu-batu tersebut di pinggiram kolam ikan, dengan berbagai ukuran mulai dari besar hingga batu alam berukuran kecil.

Cara ini akan membuat tampilan kolam ikan milik Anda lebih natural dan menyegarkan saat Anda ingin bersantai di dekat kolam ikan. Jangan lupa pula untuk menambahkan tanaman di sekeliling kolam ikan, agar lebih teduh dan segar.

Membuat taman di sekeliling kolam ikan

Membuat taman di sekeliling kolam ikan

Sumber: pembuatankolamikan.com

Ketika Anda membuat kolam ikan, tak ada salahnya jika Anda sekalian membuat taman kecil yang mengelilingi kolam ikan tersebut. Tambahkan tanaman dan bunga hias agar tampilan lebih berwarna-warni dan cantik. Bisa pula Anda menambahkan rerumputan alami yang semakin menambah kesan hijau nan segar pada halaman rumah Anda.

Desain air mancur yang tepat untuk kolam ikan mini

Desain air mancur yang tepat untuk kolam ikan mini

Sumber: pembuatankolamikan.com

Saat ini sudah banyak sekali model air mancur sebagai hiasan di kolam ikan dengan aneka ragam bentuk yang menarik. Anda dapat terlebih dahulu melakukan survei melalui internet tentang bentuk-bentuk air mancur yang sesuai dengan kolam ikan yang Anda buat.

Pastikan memilih jenis air mancur yang pas dengan besar kecilnya kolam, serta memiliki keserasian saat Anda pasang di kolam yang ada di halaman rumah. Jangan sampai Anda membuat kesalahan dengan memasang air mancur berukuran besar untuk kolam ikan berukuran kecil, begitu pula sebaliknya. Pertimbangkanlah dengan baik, mengenai model, ukuran serta material dari air mancur pada kolam ikan hias.

Memilih tanaman hias yang baik untuk kolam ikan

Memilih tanaman hias yang baik untuk kolam ikan

Sumber: spacehistories.com

Setelah memilih air mancur, Anda perlu mempertimbangkan jenis tanaman hias yang paling baik untuk ditanam di sekeliling kolam ikan. Ada baiknya jika Anda memilih jenis tanaman hias dengan perawatan yang tidak ribet, serta tidak sering menggugurkan daun-daunnya agar tidak mengotori permukaan kolam ikan.

Pilihlah tanaman hias yang familiar dengan air, dapat bertahan hidup tanpa perlu disiram air setiap saat. Ada banyak pilihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda, tentunya juga jangan lupa memilih tanaman berwarna hijau agar kolam ikan milik Anda tampil lebih segar.

Material yang terbaik untuk kolam ikan minimalis

Material yang terbaik untuk kolam ikan minimalis

Sumber: koianswers.com

Semakin hari inovasi dalam bidang interior salah satunya pembuatan kolam ikan hias mengalami banyak kemajuan. Contohnya saja, material pembuatan kolam tak hanya dari semen, batu bata, dan batu alam saja. Saat ini sudah ada jenis material lain seperti tempered glass yang kokoh yang dapat dijadikan pilihan.

Keuntungannya, Anda dapat melihat bagian dasar kolam dengan mudah, serta melihat ikan di dalam kolam bergerak lincah tanpa perlu Anda melongok ke bawah. Namun kelemahan dari material ini adalah saat kolam ikan Anda dalam keadaan kotor, Anda dapat dengan mudah melihatnya dan jika Anda tidak segera mengurasnya, itu akan mengurangi nilai keindahan dari kolam ikan hias milik Anda.

Kolam ikan dengan material batu bata

desain kolam ikan dengan batu bata

Sumber: homegardenlandscapedesign.com

Setelah kita membahas tentang material batu alam dan kaca sebagai material pilihan untuk kolam ikan, Anda dapat juga memilih material batu bata sebagai pelapis dari kolam ikan Anda.

Jangan gunakan batu bata secara langsung sebagai bagian alas atau bagian dasar kolam, karena batu bata tidak cocok terendam di dalam air secara terus menerus. Material ini akan menyebabkan lumut dan tampilan kolam ikan Anda menjadi tidak menarik. Cukup gunakan batu bata ekspos di bagian atas dan bagian luar kolam ikan, sebagai cara untuk menambah kesan natural pada kolam ikan.

Membuat kolam ikan unik dengan akuarium terbalik

Membuat kolam ikan unik dengan akuarium terbalik

Sumber: Pinterest

Model kolam ikan terbaru ini sangat unik, karena memadukan antara kolam dengan akuarium kaca yang dipasang tepat dibagian tengah kolam ikan. Cara ini membuat ikan seakan-akan terbang dan memberikan efek unik yang dramatis pada kolam ikan milik Anda. Jangan lupa untuk memilih jenis kaca yang kokoh dan bening jika Anda berniat untuk membuat kolam ikan dengan akuarium terbalik seperti gambar di atas.

Kolam ikan di dalam ruangan (indoor)

Kolam ikan di dalam ruangan (indoor)

Sumber: homegardenlandscapedesign.com

Selain lokasi di luar rumah, Anda dapat memilih lokasi di dalam rumah sebagai tempat membuat kolam ikan. Disini Anda dapat menerapkan teknik aquascape dengan tanaman air yang beraneka ragam dan ikan-ikan kecil di dalamnya. Jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang tepat, serta material kaca agar kolam ikan indoor ini memberikan efek menenangkan saat Anda mulai mematikan seluruh lampu ruangan dan beranjak tidur.

Namun sebelum memutuskan untuk membuat kolam ikan di dalam ruangan, Anda perlu memikirkan faktor kebersihan di dalam ruangan, karena memiliki kolam ikan berarti Anda harus rela meluangkan waktu untuk mengurasnya. Pastikan saat proses menguras ini ruangan tidak menjadi becek dan membuat lantai licin, agar tidak ada anggota keluarga yang terpeleset nantinya.

Kolam ikan di luar ruangan (outdoor)

Kolam ikan di luar ruangan (outdoor)

Sumber: Pinterest

Jika Anda tidak ingin ribet dengan kebersihan kolam ikan di dalam ruangan, Anda lebih baik memilih kolam ikan di luar ruangan. Selain dapat menjadi penghias halaman rumah, kolam ikan di luar ruangan juga memberikan kesempatan bagi ikan-ikan untuk mendapatkan udara yang lebih segar karena selalu berhubungan dengan dunia luar. Anda juga dapat lebih berkreasi seperti menanam tanaman hias, menambahkan air mancur dan sebagainya.

Nah, setelah menyimak inspirasi dan tips dalam membuat kolam ikan hias minimalis di atas, sekarang Anda dapat menyiapkan diri untuk merancang dan membuat kolam ikan hias impian Anda.

Jasa Desain Rumah Minimalis

Leave a Reply